Budha itu adalah Nabi Dzulkifli as

source from google.com

Benarkah Buddha adalah Nabi Zulkifli a.s? Apakah bukti Buddha adalah Nabi Zulkifli? Kalau kita simak dan pelajari riwayat hidup kedua-dua tokoh ini, maka ada kemungkinan 90 % mereka adalah orang yang sama.

1. Menurut Abu’l Kalam Azad (seorang Urdu scholar), Sang Buddha (Buddha Shakyamuni) yang dikenal sebagai guru suci bagi umat Buddha tidak lain adalah Nabi Zulkifli as, yg dalam Al-Quran disebut sebagai Nabi yg mempunyai tingkat kesabaran yang tinggi, dan sangat baik. Dalam bahasa Arab Zulkifli sendiri berarti “orang yg berasal dari Kifl”. Sedangkan Kifl itu sendiri, masih menurut Kalam Azad, merupakan nama Arab untuk Kapila (singkatan dari Kapilavastu).

2. Buddha Maitreya yang dikenal dalam agama Buddha sebagai “Buddha yang akan datang” menurut beberapa analisa tidak lain adalah Nabi Muhammad saw. Dalam kitab Chakkavatti Sinhnad Suttanta D. III, 76 bisa ditemui: “There will arise in the world a Buddha named Maitreya (the benevolent one) a holy one, a supreme one, an enlightened one, endowed with wisdom in conduct, auspicious, knowing the universe“.

SIAPAKAH NABI ZULKIFLI

Zulkifli bermaksud sanggup menjalankan amanah raja. Menurut cerita, raja di negeri itu sudah lanjut usia dan ingin mengundurkan diri daripada menjadi pemerintah, tetapi beliau tidak mempunyai anak.

Justeru, raja itu berkata di khalayak ramai:”Wahai rakyatku! Siapakah antara kamu yang sanggup berpuasa pada waktu siang dan beribadah pada waktu malam. Selain itu, sentiasa bersabar ketika menghadapi urusan, maka akan aku serahkan kerajaan ini kepadanya.”

Tiada seorang pun menyahut tawaran raja itu. Sekali lagi raja berkata:”Siapakah antara kamu yang sanggup berpuasa pada waktu siang dan beribadah pada malamnya serta sanggup bersabar?”

Sejurus itu, Basyar dengan suara yang lantang menyatakan kesanggupannya. Dengan keberanian dan kesanggupan Basyar melaksanakan amanah itu beliau diberi gelaran Zulkifli.

Baginda juga adalah nabi yang cukup sabar seperti firman Allah, bermaksud:
“Ismail, Idris dan Zulkifli adalah orang yang sabar dan Kami beri rahmat kepada semua karena mereka orang yang suka bersabar.”

SIAPAKAH SIDDHARTHA GAUTAMA

Pada akhir abad ketujuh S.M. (tahun 623 S.M.), lahirlah seorang yang bernama Siddhartha Gautama di bandar Kapilavastu/Kapilavathu (Kapil, lidah Arab menyebut Kafil @ Kafli). Siddhartha Gautama merupakan putera kepada Raja Suddhodana dan Permaisuri Maha Maya. Raja Suddhodana dari keturunan suku kaum Sakyas, dari keluarga kesastrian dan memerintah Sakyas berdekatan negeri Nepal. Manakala Permaisuri Maha Maya pula adalah puteri kepada Raja Anjana yang memerintah kaum Koliya di bandar Devadaha.

Sebelum kelahiran Buddha: Permaisuri bermimpi dibawa oleh 4 orang dewa ke sebuah gunung yang tinggi. Kemudian, permaisuri melihat seekor gajah putih yang cantik. Pada belalai gajah itu terdapat sekuntum bunga teratai. Gajah mengelilinginya 3 kali sebelum masuk ke dalam perut permaisuri.

MAKSUD ISTILAH BUDDHA

Dalam agama Buddha, perkataan Buddha bermaksud ‘seorang yang bijaksana’ atau ‘dia yang mendapat petunjuk’. Kadang kala istilah ini digunakan dengan maksud ‘nabi’. Gautama Buddha pernah menceritakan kedatangan seorang Antim Buddha. Perkataan Antim bermaksud ‘yang terakhir’ dan Antim Buddha bermaksud ‘nabi yang terakhir’ (Antim terakhir yang dimaksudkan ialah Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul terakhir). Pada saat kematian Gautama Buddha, beliau memberitahu perkara ini kepada pengikut setianya bernama Ananda.

Makna “Nabi” dalam bahasa Arab (berasal dari kata naba yang berarti “dari tempat yang tinggi”; karena itu orang ‘yang di tempat tinggi’ dapat melihat tempat yang jauh). Nabi dalam bahasa Arab sinonim dengan kata Buddha sebagaimana yang difahami oleh para penganut Buddha. Sinonimnya pengertian ini dapat diringkaskan sebagai “Seorang yang diberi petunjuk oleh Tuhan sehingga mendapat kebijaksanaan yang tinggi menggunung”.

RINGKASAN KISAH SIDDARTHA GAUTAMA

Kelahiran Bodhisatta (Bodhisattva, bakal Buddha atau bakal mencapai Pencerahan) pada tanggal 623 S.M. pada bulan purnama Vesak. Selepas sahaja Bodhisatta dilahirkan, Permaisuri Maha Maya mangkat selepas tujuh hari melahirkan anak.

Pada hari kelahiran Bodhisatta telah disadari secara ghaib oleh seorang tua yang sedang bertapa di kaki gunung Himalaya yang digelar Asita Bijaksana (nama asalnya Kala Devala). Asita bergegas ke istana pada keesokannya untuk melihat dan menilik putera Raja Suddhodana.

Asita mendapati terdapat 32 tanda utama dan 80 tanda kecil menunjukkan Bodhisatta bakal menjadi Manusia Agung dan Guru Agung kepada manusia dan dewa-dewa (i.e. Jin dan Malaikat, kelemahan umat Hindu dan Buddha ialah tidak dapat bedakan antara Jin dan Malaikat yang keduanya dipanggil DEWA-DEWA).

Asita menangis karena sedih tidak sempat mendengar ucapan dan pengajaran Buddha di masa akan datang, beliau kemudian berlutut tunduk hormat kepada bayi Bodhisatta.

Kenyataan terakhir Asita ialah Bodhisatta hanya akan menjadi salah satu dari dua yaitu sekiranya ia kekal membesar dalam istana dia akan menjadi Maharaja Agung manakala kalau dia berjaya lari dari istana maka dia akan menjadi Mahaguru Agung.

Upacara menamakan putera raja diadakan pada hari kelima selepas Boddhisatta dilahirkan. Pada akhir majlis itu, 108 orang bijaksana memutuskan nama yang sesuai untuk putera raja iaitu SIDDHARTHA GAUTAMA yang membawa maksud ‘Cita-Cita Terkabul’.

Siddhartha kemudian membesar di istana dan belajar kepada seorang guru istana bernama Sirva Mitra. Beliau menjadi pelajar yang luar biasa pintar dan mahir dengan ilmu ketenteraan. Yang menjadi keheranan kepada orang disekeliling dan gurunya ialah sifat Siddharta yang sensitif terhadap penganiayaan hingga tidak ada seorang pun yang beliau lihat menganiaya binatang kecuali mencegahnya serta merta.

Malah beliau sangat bersedih melihat para petani berkerja keras membajak tanah dibawah terik matahari menyebabkannya lari ketempat lain ke sebuah pohon (Tiin-Bodhi) dan duduk di sana secara bertafakur (samadhi) untuk membuang stress.

PERSAMAAN NABI ZULKIFLI DENGAN SIDDARTHA GAUTAMA

Maka berbalik kepada maudhu’ perbahasan, benarkah Buddha itu disebut dalam Al-Qur’an? Sebenarnya tidak ada kata-kata “Buddha” dalam Al-Qur’an, namun menurut Dr. Alexander Berzin bahawa terdapat catatan para sejarawan dan peneliti yang mengaitkan beberapa ayat Al-Qur’an dengan Sang Buddha, yaitu pada maksud ayat;

“Demi (buah) Tin (fig) dan (buah) Zaitun, dan demi bukit Sinai, dan demi kota (Mekah) ini yang aman, sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka), kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya. Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu? Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?”(At-Tin 95 : 1)

Beliau menjelaskan bahwa buah Zaitun melambangkan Jerusalem, Isa a.s. (Jesus, Kristian). Bukit Sinai melambangkan Musa a.s. dan Yahudi. Kota Mekah pula menunjukkan Islam dan Muhammad SAW. Manakala pohon Tin (fig) pula melambangkan apa?

Tin (fig) = Pohon Bodhi

Pohon Bodhi adalah tempat Buddha mencapai Pencerahan Sempurna. Al-Qasimi di dalam tafsirnya berpendapat bahawa sumpah Allah SWT dengan buah tin yang dimaksud ialah pohon Bodhi. Prof. Hamidullah juga berpendapat sama dengan al-Qasimi bahawa perumpamaan pohon (buah) tin (fig) di dalam Al-Qur’an ini menunjukkan Buddha itu sendiri, maka dari sinilah mengapa sebahagian ilmuan Islam meyakini bahawa Buddha telah diakui sebagai nabi di dalam agama Islam.

Manakala Hamid Abdul Qadir, seorang sejarawan abad ke-20 mengatakan dalam bukunya Buddha Yang Agung: Riwayat dan Ajarannya (Arab: Budha al-Akbar Hayatuh wa Falsaftuh), menjelaskan bahawa Buddha adalah nabi Dhul-Kifl, yang bererti “ia yang berasal dari Kifl”. Nabi Dhul-Kifl @ Zulkifli disebutkan 2 kali dalam Al-Qur’an:

“Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Dzulkifli (Dhul Kifl). Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar.” (Al-Anbiya’ 21: 85).

“Dan ingatlah akan Ismail, Ilyasa, dan Dzulkifli (Dhul Kifl). Semuanya termasuk orang-orang yang paling baik.” (Shad 38 : 48).

KESIMPULAN

“Kifl” adalah terjemahan Arab dari Kapilavastu (Kapil), tempat kelahiran Bodhisattva (Buddha). Hal ini juga yang mungkin menyebabkan Mawlana Abul Azad seorang ahli teologi Muslim abad ke-20 turut menekankan bahawa Dhul-Kifl dalam Al-Qur’an boleh jadi adalah Buddha.

Dalam sejarah Islam, Nabi Zulkifli a.s. adalah antara nabi yang mempunyai cerita yang paling sedikit dibicarakan. Hal ini mungkin menjadi faktor kepada sebahagian ulama’ menyamakan watak Dzul-Kifli dalam Al-Qur’an dengan Buddha yang secara kebetulan banyak persamaan sekiranya disuaikan.

Yang menarik perhatian saya ialah mengenai surah at-tin (the fig). Allah berfirman mengenai pokok/buah tin, pokok/buah zaitun, bukit sinai dan kota mekah. Mekah dikaitkan dgn Nabi Muhammad s.a.w., Bukit Sinai dengan Nabi Musa, zaitun dengan Nabi Isa a.s., dan siapa pula dikaitkan dengan buah atau pokok tin?

Dikatakan dalam sejarah bahawa Gautama Buddha duduk bawah pokok tin. Kalau ikut istilah islam, dia dapat wahyu masa duduk bawah pokok tersebut. Ikut tulisan orang Buddhist, dia dapat ilham masa duduk bawah pokok tersebut.

Bila Allah berfirman :“Wattiini wazaitun. watuurisinina wahazal baladil amin.”
Allah menyebut perihal Nabi-Nabi-Nya. Tiin (Nabi Zulkifli-Buddha), Zaitun (Nabi Isa a.s), Siniina- bukit Sinai (Nabi Musa) dan Baladil amin -Tanah yang aman dan selamat (Mekah)- Nabi Muhammad saw. ia ikut urutan, hebatnya Qur’an sebagai kalimat Tuhan susunan sejarah riwayat Nabi-Nya.  Mari kita sama-sama fikirkan.  HANYA ALLAH YANG MAHA MENGETAHUI.

 sumber 

11 thoughts on “Budha itu adalah Nabi Dzulkifli as

  1. Wow, Bung.
    saya seorang buddhis, dan terus terang waktu menemukan artikel anda ini saya cukup terkejut.
    tapi karena judulnya menarik, saya putuskan untuk membaca sampai habis.

    nah setelah selesai membaca artikel ini, saya menyimpulkan kalau artikel ini tidak benar.
    kenapa bisa saya katakan tidak benar? dari keseluruhan artikel, yang paling janggal adalah bagian dimana disebutkan bahwa “Nabi Dzulkifli menyanggupkan diri untuk menerima tahta kerajaan”.

    perlu diketahui, bahwa Buddha adalah seorang yang meninggalkan keduniawian.
    Lah, Bung. Buddha sendiri saja sebelumnya merupakan seorang pangeran dari kerajaan besar, dan dia pada masa mudanya meninggalkan semua itu untuk menjadi petapa miskin. Buddha pada masa awal pertapaannya menyiksa diri dengan berpuasa dan bermeditasi, namun ia menghentikannya dan tidak ada dalam sejarah bahwa ia kembali menerima tahta dari kerajaan manapun. setelah menjadi Buddha ia hidup dengan sangat sederhana bahkan makan dengan meminta dari penduduk.

    Nabi dan Buddha, dalam sejarah kedua agama, Islam dan Buddha, merupakan orang-orang yang memang bijaksana dan memiliki hati nurani yang mulia. namun ini tidak bisa dijadikan persamaan, dimana hanya dengan memiliki sifat yang sama maka dapat dikatakan orang tersebut sama.
    Saya sendiri pernah belajar agama Islam, dan memang dalam sejarah dikatakan semua Nabi merupakan makhluk yang berakhlak mulia, namun mereka semua individu yang berbeda bukan? Dari cerita mengenai sejarah kehidupan Nabi Dzulkifli pun bisa dilihat, bahwa kehidupan mereka sama sekali berbeda.

    Jadi kesimpulannya, saya tidak menemukan persamaan antara Buddha dengan Nabi Dzulkifli. dari uraian yang anda berikan, persamaan yang anda jabarkan hanya sekedar merujuk saja. tidak benar-benar menyatakan bahwa Buddha adalah sama dengan Nabi Dzulkifli. seperti contohnya:
    – Kapilavastu yang dibaca sebagai “Kifl”
    – Tin yang merujuk ke pohon Bodhi
    Maaf Bung, kalo menurut saya hal tersebut tidak dapat dijadikan acuan.

    jujur saja saya sendiri tidak masalah kalau Buddha dianggap nabi dalam agama Islam.
    karena pengertian nabi sendiri bukanlah hal yang buruk, bahkan baik karena ditujukan kepada orang-orang yang dianggap tinggi karena kesalehannya.
    namun disini saya hanya ingin mencoba meluruskan hal yang, kalau menurut saya, agak melenceng.
    karena kedua orang tersebut adalah individu yang berbeda.

    Mudah-mudahan komentar saya tidak dianggap negatif.
    disini kita sama-sama mencari kebenaran.
    aggap saja ini diskusi yang membangun.

    Salam,🙂

    • Terima Kasih atas respon positif dan kritikannya.. Sama seperti anda semua, saya pun juga terkejut ketika membaca artikel ini sehingga saya mengambilnya dan memuatnya lagi ke dalam blog saya dengan tetap menyantumkan sumber tempat saya mengambil artikel ini..
      Saya pun juga mengagumi sosok Budha meskipun saya beragama Islam. Bagi saya pribadi Budha adalah salah satu sosok yang mulia dengan ajarannya. Budha mengajarkan bahwa segala sesuatu di dunia ini bersifat sementara. Ketika kita berusaha meraih apa pun, kita selalu menemukan kekecewaan. Kita tidak bisa mencapai keinginan kita. Inilah kebenaran mulia yang pertama dalam ajaran budha tentang Empat Kebenaran Mulia dalam Agama Budha yang berpusat pada apa yang menyebabkan manusia menderita dan bagaimana cara menghilangkannya. bagi saya pribadi ajaran yang dibawa oleh budha sangat mulia.

      Senang bisa berbagi pengetahuan dengan anda semua. Semoga tali silaturahmi antara kita terjalin dan mendapat berkah.
      Mohon maaf jika terdapat kekeliruan pada saya. saya hanya ingin berbagi artikeyang bagi saya menarik untuk dikaji bersama kebenarannya.

      • Saya juga senang bertemu dengan orang-orang yang berpikiran terbuka.
        Bagi saya sendiri agama apapun yang dianut itu tidak masalah, karena pada intinya tidak pernah ada agama yang mengajarkan hal yang buruk kok.
        hal ini kembali lagi ke bagaimana umatnya menginterpretasikan ajaran yang ia terima.

        Seperti yang saya katakan saya pernah belajar agama Islam sewaktu masih muda,
        dan memang dalam setiap agama yang berbeda pasti ada hal-hal yang tidak kita setujui.
        namun yang terpenting sebagai umat beragama, adalah bagaimana kita dapat menelaah dengan sedemikian rupa kebenaran yang terkandung dalam setiap ajaran.
        Kalau masuk akal, ya diterima.
        Kalau tidak, ya sudah, biarkan saja.
        buat apa dipermasalahkan?

        inilah yang menurut saya kurang diaplikasikan dalam kehidupan beragama.
        dimana saat seseorang diberikan suatu hal yang sedikit melenceng dari apa yang ia tahu, respon yang diberikan langsung negatif.
        memang benar istilah, “people just hear what they want to hear”
        yang benar kan seharusnya ditelaah dengan pikiran terbuka.
        karena kenyataannya kebenaran tidak hanya berada pada satu sisi saja.

        Senang bisa berdiskusi dengan anda, bung.
        Bila ada artikel lain yang menurut anda menarik untuk dikaji mungkin bisa dibagikan lagi.
        Salam🙂

  2. Maaf, tapi Anda kurang tau dan kurang paham tentang agama Buddha.
    Ada beberapa kesalahan dalam tulisan Anda.
    1. “Buddha Maitreya yang dikenal dalam agama Buddha sebagai “Buddha yang akan datang” menurut beberapa analisa tidak lain adalah Nabi Muhammad saw”.

    Pembahasan : Menurut ajaran agama Buddha, Buddha yang baru akan hadir pada saat ketika agama Buddha sudah mulai dilupakan oleh orang banyak, dan itu masih lama, sekitar 25 abad lagi (agama Buddha mulai dilupakan), dan Buddha yang baru muncul lama sekali setelah itu (tidak ada yang menuliskan berapa lamanya), sedangkan pada agama Islam, Nabi Muhammad SAW adalah seorang Nabi, yang notabene pada saat ini orangnya sudah tidak ada (Almarhum).
    Dengan demikian, kedua orang tersebut bukanlah orang yang sama.

    2. “Zulkifli bermaksud sanggup menjalankan amanah raja. Menurut cerita, raja di negeri itu sudah lanjut usia dan ingin mengundurkan diri daripada menjadi pemerintah, tetapi beliau tidak mempunyai anak.

    Justeru, raja itu berkata di khalayak ramai:”Wahai rakyatku! Siapakah antara kamu yang sanggup berpuasa pada waktu siang dan beribadah pada waktu malam. Selain itu, sentiasa bersabar ketika menghadapi urusan, maka akan aku serahkan kerajaan ini kepadanya.”

    Tiada seorang pun menyahut tawaran raja itu. Sekali lagi raja berkata:”Siapakah antara kamu yang sanggup berpuasa pada waktu siang dan beribadah pada malamnya serta sanggup bersabar?”

    Sejurus itu, Basyar dengan suara yang lantang menyatakan kesanggupannya. Dengan keberanian dan kesanggupan Basyar melaksanakan amanah itu beliau diberi gelaran Zulkifli.”

    Pembahasan : Menurut penulis, Zulkifli memerintah karena raja menyerahkan tampuk pemerintahan padanya, karena raja tidak memiliki anak. Sedangkan Siddhartha Gotama adalah seorang pangeran (anak raja), dan Siddhartha Gotama justru malah menolak untuk memerintah, bahkan raja sampai membuat Siddhartha Gotama tidak melihat 4 peristiwa (orang tua, orang sakit, orang mati, dan seorang petapa) agar Siddhartha mau menjadi seorang raja.

    3. “Nabi dalam bahasa Arab sinonim dengan kata Buddha sebagaimana yang difahami oleh para penganut Buddha. Sinonimnya pengertian ini dapat diringkaskan sebagai “Seorang yang diberi petunjuk oleh Tuhan sehingga mendapat kebijaksanaan yang tinggi menggunung”.”

    Pembahasan : Siddhartha Gotama memperoleh kebijaksanaan tertinggi dengan usahanya sendiri, dan bukanlah merupakan pemberian dari sesuatu, karena tidak ada satu makhluk pun yang kebijaksanaannya melebihi Sang Buddha.

    4. “Pada hari kelahiran Bodhisatta telah disadari secara ghaib oleh seorang tua yang sedang bertapa di kaki gunung Himalaya yang digelar Asita Bijaksana (nama asalnya Kala Devala). Asita bergegas ke istana pada keesokannya untuk melihat dan menilik putera Raja Suddhodana.

    Asita mendapati terdapat 32 tanda utama dan 80 tanda kecil menunjukkan Bodhisatta bakal menjadi Manusia Agung dan Guru Agung kepada manusia dan dewa-dewa (i.e. Jin dan Malaikat, kelemahan umat Hindu dan Buddha ialah tidak dapat bedakan antara Jin dan Malaikat yang keduanya dipanggil DEWA-DEWA).”

    Pembahasan : Petapa Asita datang untuk menemui Siddhartha Gotama karena beliau dipanggil oleh raja Suddodana, dan bukannya menyadari secara ghaib seperti yang dikatakan oleh Anda.

    • Terima kasih banyak atas kritikan positifnya yang membangun. Senang pada akhirnya bisa bertemu dengan orang yang melihat artikel ini dari sudut pandang yang berbeda sehingga kita bisa kaji besama kebenarannya..

      Sama seperti anda semua, saya pun juga terkejut ketika membaca artikel ini sehingga saya mengambilnya dan memuatnya lagi ke dalam blog saya dengan tetap menyantumkan sumber tempat saya mengambil artikel ini..
      saya hanya ingin berbagi artikel yang bagi saya menarik untuk dikaji bersama kebenarannya dan akhirnya saya bisa bertemu dengan anda yang memberikan sudut pandang yang berbeda.

      Saya pun juga mengagumi sosok Budha meskipun saya beragama Islam. Bagi saya pribadi Budha adalah salah satu sosok yang mulia dengan ajarannya. Budha mengajarkan bahwa segala sesuatu di dunia ini bersifat sementara. Ketika kita berusaha meraih apa pun, kita selalu menemukan kekecewaan. Kita tidak bisa mencapai keinginan kita. Inilah kebenaran mulia yang pertama dalam ajaran budha tentang Empat Kebenaran Mulia dalam Agama Budha yang berpusat pada apa yang menyebabkan manusia menderita dan bagaimana cara menghilangkannya. bagi saya pribadi ajaran yang dibawa oleh budha sangat mulia.

      Senang bisa bebrbagi ilmu dengan anda. semoga tradisi berdiskusi dan mengkritik secara ilmiah bisa kita jaga bersama dan tetap menjaga kerukunan beragama.

    • Tambahan point 1…. 25 abad plus setelah masa umur manusia makin pendek (10 tahun sudah berkeluaga) melewati perang hingga jumlah manusia sangat sedikit yang selamat, kemudian ditambah waktu perpanjangan umur manusia yang “bertobat”/ menjaga sila –> mencapai usia puncak dan kembali turun menjadi 100 rb tahun. Pada saat itu munculah Buddha Maitreya yang akan berusia 80 rb tahun (Buddha hanya akan muncul saat moral manusia mulai turun) dimana pada saat itu manusia hanya memiliki 2 penyakit (kalo tidak salah lapar dan mengantuk)… Jadi kemunculan Buddha Maitreya masih sangat lama sekali

      Kemudian dikatakan setelahnya baru dunia masuk masa kiamat yang dikatakan akan muncul 10 matahari yang akan membakar bumi (mungkin terjadi perubahan konstelasi tata surya)

  3. Boy, apa yang anda tuliskan itu salah. kalau mau mengetahui ajaran Sang Buddha yang benar bisa tanya jawab dengan saya lewat email: ricky_kurniawan01@yahoo.com.
    jangan bicara apa yang anda sendiri tidak yakin dengan pasti dengan menyebut kata kemungkinan. Lihatlah kalimat akhir paragraf pertama yang anda tulis bahwa “maka ada kemungkinan 90% mereka adalah orang yang sama”.
    Salah satu ajaran Sang Buddha yang benar: “Mereka yang berkata salah akan pergi ke neraka”
    apalagi jika anda membuat orang lain berpandangan salah. Saya sangat menghargai anda, jika anda menghapus artikel ini dan akan saya layani anda jika anda mau berdiskusi tentang ajaran Sang Buddha. Atau setidaknya coba lihat link ini: http://grevada.com/islam/siddhartha-gautama-bukan-nabi-zulkifli/
    saya berkomentar seperti ini karena saya tidak ingin anda berpandangan salah tentang ajaran Sang Budha lalu menyebarkan ajaran yang salah tersebut kepada banyak orang. Di point no. 1, anda pun mengutip perkataan Abu’l Kalam Azad yang anda katakan seorang Urdu scholar, bukan bermaksud merendahkannya tetapi apakah pendapat Abu’l Kalam Azad dapat dipercaya??
    Ajaran Sang Buddha yang benar:
    ” Bukan karena dikatakan oleh orang banyak maka itu menjadi benar
    Bukan karena dikatakan oleh seorang Guru agama maka hal itu menjadi benar
    Bukan karena hal itu tertulis di dalam sebuah kitab suci maka hal itu menjadi benar
    Tetapi bila setelah seseorang memikirkan hal tersebut dengan akal sehat dan logika bahwa itu benar, hal itu dapat dikatakan benar”

    Pikirkanlah matang-matang boy apa yang anda tulis, tulisan anda bisa mengantarkan anda masuk neraka karena menyebarkan informasi yang salah.

    • Salam. Jika anda memperhatikan baik-baik artikel ini, di akhir artikel saya melampirkn link sumber tempat saya mengambil artikel ini. Saya hanya tertarik sama isi artikel tersebut dan ingin mencoba mengkaji kebenarannya. Senang pada akhirnya saya menemukan orang yang berpandangan berbeda sehingga saya bisa melihat dan mengkajinya dari berbagai macam pespektif dan tidak melihatnya dari satu sudut pandang saja.

      Semoga tradisi berdiskusi dan mengkritik secara ilmiah bisa kita jaga bersama dan tetap menjaga kerukunan beragama. Saya pun sangat mengagumi sosok Budha dan ajaran yang dibawanya. Bagi saya pribadi Budha adalah salah satu sosok yang mulia dengan ajarannya. Budha mengajarkan bahwa segala sesuatu di dunia ini bersifat sementara. Ketika kita berusaha meraih apa pun, kita selalu menemukan kekecewaan. Kita tidak bisa mencapai keinginan kita. Inilah kebenaran mulia yang pertama dalam ajaran budha tentang Empat Kebenaran Mulia dalam Agama Budha yang berpusat pada apa yang menyebabkan manusia menderita dan bagaimana cara menghilangkannya. bagi saya pribadi ajaran yang dibawa oleh budha sangat mulia.

      Mohon maaf jika terdapat kekeliruan pada saya.

  4. maaf, Bung.
    saya seorang Buddhis, dan menurut saya tulisan anda di atas tersebut salah.
    Berikut kesalahan yang saya simpulkan:

    1. Zulkifli bermaksud sanggup menjalankan amanah raja. raja itu berkata di khalayak ramai:”Wahai rakyatku! Siapakah antara kamu yang sanggup berpuasa pada waktu siang dan beribadah pada waktu malam. Selain itu, sentiasa bersabar ketika menghadapi urusan, maka akan aku serahkan kerajaan ini kepadanya.”

    Sejurus itu, Basyar dengan suara yang lantang menyatakan kesanggupannya. Dengan keberanian dan kesanggupan Basyar melaksanakan amanah itu beliau diberi gelaran Zulkifli.”

    Zulkifli memerintah karena raja menyerahkan tahta padanya, karena raja tidak memiliki anak. Sedangkan Siddhartha Gotama adalah seorang pangeran (anak raja), dan Siddhartha Gotama justru malah menolak untuk memerintah dan lebih memiliih untuk hidup sebagai petapa miskin yang bahkan untuk makan sehari-hari pun ia harus meminta dari penduduk desa.

    2. “Nabi dalam bahasa Arab sinonim dengan kata Buddha sebagaimana yang difahami oleh para penganut Buddha. Sinonimnya pengertian ini dapat diringkaskan sebagai “Seorang yang diberi petunjuk oleh Tuhan sehingga mendapat kebijaksanaan yang tinggi menggunung”.”

    Pembahasan : menurut sejarah dalam agama Buddha, Siddhartha Gotama memperoleh kebijaksanaan tertinggi dengan usahanya sendiri, dan bukanlah merupakan pemberian dari sesuatu. sedangkan nabi merupakan utusan yang diberi kebijaksanaan dari Tuhan.

    3. Pada hari kelahiran Bodhisatta telah disadari secara ghaib oleh seorang tua yang sedang bertapa di kaki gunung Himalaya yang digelar Asita Bijaksana (nama asalnya Kala Devala). Asita bergegas ke istana pada keesokannya untuk melihat dan menilik putera Raja Suddhodana.

    Asita mendapati terdapat 32 tanda utama dan 80 tanda kecil menunjukkan Bodhisatta bakal menjadi Manusia Agung dan Guru Agung kepada manusia dan dewa-dewa (i.e. Jin dan Malaikat, kelemahan umat Hindu dan Buddha ialah tidak dapat bedakan antara Jin dan Malaikat yang keduanya dipanggil DEWA-DEWA).”

    Petapa Asita datang untuk menemui Siddhartha Gotama karena beliau dipanggil oleh raja Suddodana untuk pemberkatan setelah ia dilahirkan, bukan secara ghaib

    4. “Buddha Maitreya yang dikenal dalam agama Buddha sebagai “Buddha yang akan datang” menurut beberapa analisa tidak lain adalah Nabi Muhammad saw”.

    dari sejarah yang ada, Buddha dan Zulkifli lahir pada zaman yang sama sekali berbeda. berdasarkan beberapa sumber agama Islam, Zulkifli lahir pada tahun 1500-1425 SM, yang sangat jauh lebih awal dibandingkan Buddha yang lahir pada tahun 623 SM.

    5. TIN dan POHON BODHI, merupakan dua jenis tumbuhan yang berbeda. jadi acuan yang dikatkan dalam tulisan bahwa Tin mengarah pada Pohon Bodhi yang digunakan oleh Buddha adalah tidak benar adanya.

    saya harap anda bisa membedakan mana fakta dan mana “hipotesa” bung. disini saya cuma mencoba membandingkan tulisan anda dengan sejarah dalam agama Buddha sendiri.

    disini saya tidak mencoba untuk mencari musuh, kita sama-sama mencari kebenaran.
    salam🙂

    • Salam. Jika anda memperhatikan baik-baik artikel ini, dakhir artikel saya melampirkn link sumber tempat saya mengambil artikel ini. Saya hanya tertarik sama isi artikel tersebut dan ingin mencoba mengkaji kebenarannya. Senang pada akhirnya saya menemukan orang yang berpandangan berbeda sehingga saya bisa melihat dan mengkajinya dari berbagai macam pespektif dan tidak melihatnya dari satu sudut pandang saja.

      Semoga tradisi berdiskusi dan mengkritik secara ilmiah bisa kita jaga bersama dan tetap menjaga kerukunan beragama. Saya pun sangat mengagumi sosok Budha dan ajaran yang dibawanya. Bagi saya pribadi Budha adalah salah satu sosok yang mulia dengan ajarannya. Budha mengajarkan bahwa segala sesuatu di dunia ini bersifat sementara. Ketika kita berusaha meraih apa pun, kita selalu menemukan kekecewaan. Kita tidak bisa mencapai keinginan kita. Inilah kebenaran mulia yang pertama dalam ajaran budha tentang Empat Kebenaran Mulia dalam Agama Budha yang berpusat pada apa yang menyebabkan manusia menderita dan bagaimana cara menghilangkannya. bagi saya pribadi ajaran yang dibawa oleh budha sangat mulia.

      Mohon maaf jika terdapat kekeliruan pada saya. saya hanya ingin berbagi artikel yang bagi saya menarik untuk dikaji bersama kebenarannya.

      Semoga kita berjalan pada jalan kebenaran danbertemu di ujung jalan kebenaran..

  5. terima kasih bung, anda sangat menjunjung tinggi kerukunan beragama , saya juga seorang buddhis sangat menjunjung kedamaian antar umat beragama. namun ada sedikit saran untuk anda bung, alangkah baiknya setiap artikel yang anda temukan dalam sumber mana pun , dan untuk artikel ini anda mengambil dari google.com. disini saya tidak akan bercerita tentang buddha kepada anda bung, karena bukan itu permasalahan utama dri artikel yang anda post ini.. kritik saya kedepannya anda lebih selektif dan cerdas dalam memlih artikel untuk post kan dalam blog anda. pikirkan sisi negatif dan sisi positif dari tindakan anda bung… jangan hanya karena ingin mebuktikan kebenaran ajaran agama tertentu, anda menjadi mengeyampingkan sikap menghormati agama lain bung… setiap agama mengajarkan kebenaran bung, dan setiap umat dari macam2 agama yang ada juga memiliki iman mereka masing-masing terhadap agama yang mereka dalami, jad jangan coba diaduk-adukan dan disampbung-sambung dengan paksa bung seolah olah ada keterkaitan. iya kalo isi artikel ini benar bung, kalo tidak salah-salah anda bisa terjerumus jadi kafir bung. Blog anda adalah mencerminkan diri anda, dan artikel ini di post di blog anda yang notabene bisa dilihat semua orang bung, coba lah berpikir dengan jernih , jika ada orang yang membaca dan meyakini apa yang ada tulis benar. bukankah justru malah menyesatkan orang bung ? agama adalah perantara kita mencapai kebenaran dalam hidup bung, bukan lah sesuatu yang kita banggakan. apa pun agama, semua ajaran tetap sama yaitu menuju jalan tuhan bung. harap di renungkan baik-baik bung. tidak ada maksud saya untuk mengurui, hanya saja sebagai umat beragama saya berkewajiban meluruskan apa yang salah bung. semoga semua mahkluk hidup berbahagia. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s